Jumat, 02 November 2012

objek wisata negara

pantai pemuteran

 Pantai Pemuteran Buleleng

Pemuteran merupakan kawasan wisata pantai yang sangat terkenal dengan ketenangannya dan berada di bagian utara pulau dewata. Kawasan wisata ini berlokasi di Desa Pemuteran termasuk wilayah Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Untuk menuju obyek wisata Pemuteran dari ibukota Denpasar memakan waktu sekitar 4 jam atau berjarak lebih kurang 200 km melalui jalur Denpasar-Singaraja-Gilimanuk.
Suasana di desa Pemuteran tidak seperti layaknya tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi tetapi terlihat sepi dengan lingkungan khas desa yang sebagian besar penduduknya petani dan nelayan. Pemandangan yang dapat ditemui adalah pantai Pemuteran yang pasirnya berwarna hitam berkilauan. Bentuk pantai Pemuteran menjorok ke daratan seperti teluk dengan panjang landai pantainya sekitar 6 km dan berlatar belakang bukit dengan pohon kelapa dan pohon aren. Bilamana dilihat dari kejauhan membentuk irama keseimbangan antara pantai dengan darat. Karena letaknya berada di sebelah utara pulau Bali (laut Jawa) maka ombak di pantai Pemuteran sangat kecil dan jarang, bahkan seringkali tanpa berombak. Dengan kondisi laut yang jarang berombak inilah yang membuat pantai Pemuteran terdengar sangat sunyi sehingga membuat setiap wisatawan yang berkunjung merasakan ketenangan. Selain itu di kawasan obyek wisata ini tidak terdapat adanya pedagang asongan yang berkeliaran di pantai karena pihak pengelola kawasan wisata Pemuteran melarang adanya pedagang asongan agar tidak mengganggu ketenangan wisatawan dan tetap menjaga nama Pemuteran sebagai tempat wisata yang terkenal dengan ketenangannya.
Obyek wisata Pemuteran termasuk kawasan yang jauh dari pusat pemerintahan kabupaten maupun propinsi sehingga pembangunan desanya agak tertinggal. Oleh sebab itu di kawasan wisata ini hanya ada beberapa pondok penginapan (cottages) dan tidak akan ditemui tempat semacam kafe, bar, restoran, diskotik, atau tempat-tempat pelengkap sarana wisata. Kawasan wisata ini juga menjadi pilihan utama wisatawan yang berkunjung untuk bermeditasi. Biasanya wisatawan yang berkunjung memang dari kalangan yang sudah pensiun dan menyukai hal-hal yang tenang. Selain mendapatkan ketenangan sambil berjemur di pantai, juga dapat melakukan meditasi di dalam kamar atau dapat juga bermeditasi dengan mengunjungi tempat sembahyang umat Hindu di Pura Pulaki dan Pura Melanting yang jaraknya sekitar 10 km dari Pemuteran.
Hal lain yang dapat ditemui di kawasan wisata Pemuteran adalah pemandangan bawah laut yang banyak ditumbuhi terumbu karang dan ribuan ikan dengan berbagai jenis. Keindahan terumbu karang Pemuteran memiliki 80% jenis terumbu karang yang ada di Indonesia. Kawasan Pemuteran mendapatkan penghargaan dari SKAL (organisasi pariwisata bawah laut sedunia) pada bulan Nopember 2003 karena keindahan bawah lautnya yang mempesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar